Cara menyusun Hospital By Laws atau Pola tata Kelola Rumah sakit

Isi Undang undang no 44/2009/pasal 29 ayat 1 menyatakan bahwa “setiap Rumah sakit mmpunyai kewajiban menyusun dan melaksanakan peraturn internal rumah sakit atau Hospital by laws” yaitu peraturan organisasi rumah sakit atau corporate bylaws dan peraturan staf medis Rumah sakit atau medical staff by laws yang turut pula mengatur perihal kewenangan klinis atau clinical privilege. Pada pasal 36 UU no.44/2009 di sebutkan bahwa “ setiap Rumah sakit harus menyelenggarakan tata kelola RS dan tata kelola klinis yang baik”. Lalu apa yang dimaksud dengan istilah atau definisi Hospital by laws, corporate bylaws, medical staff by laws dan clinical privilege, serta bagaiman menyusunnya?
Agar menjadi acuan dalam pelaksanan kegiatan perbaikan mutu dan jaminan keselamatan pasien, maka upaya peningkatan mutu klinis tersebut harus di tuangkan dalam dokumen Hospital Bylaws atau Pola tata kelola Rumah sakit. Rumah sakit harus memahi prinsip prinsip, pengertian dan kegunaan tata kelola rumah sakit yang terdiri dari Hospital bylaws dan medical staff bylaws. Rumah sakit harus mampu menyusun draft tata kelola rumah sakit yang terdiri dari Hospital bylaws dan medical staff by laws serta mengembangkan secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>